MOBIL PERLINDUNGAN ( MOLIN ) PEREMPUAN DAN ANAK MELAYANI MASYARAKAT CILACAP YANG MENJADI KORBAN KEKERASAN

 

 

Kabupaten Cilacap telah mendapatkan bantuan Mobil Perlindungan Perempuan dan Anak (MOLIN) dari Kementrian PPPA pada tanggal 21 Oktober 2016  bertempat di Gedung Danapala, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, untuk mendukung pelaksanaan tugas layanan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak ( P2TP2A  CITRA – Cilacap Tanpa Kekerasan ) Kabupaten Cilacap, sesuai fungsinya di Bidang Pencegahan dan Penanganan Korban Kekerasan.

MOLIN merupakan mobil operasional yang memiliki design dan spesifikasi khusus sehingga berbeda dengan mobil sejenis pada umumnya. MOLIN memiliki 3 ( tiga ) fungsi utama, yaitu :

  1. Fungsi TRANSPORTASI untuk kepentingan koordinasi;
  2. Fungsi MULTI MEDIA sebagai sarana advokasi, promosi dan sosialisasi program dan kegiatan PP dan PA;
  3. Fungsi AMBULAN untuk kepentingan transportasi dan mobilitas korban kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Dengan adanya MOLIN maka kasus – kasus kekerasan yang terjadi terhadap Perempuan dan Anak  meskipun Lokasinya berada di pedalamanpun bisa dijangkau oleh petugas P2PT2A CITRA, Karena Kabupaten Cilacap yang sangat luas wilayahnya dengan 24 Kecamatan dan 269 Desa serta 15 Kelurahan. Setiap tahunnya selalu meningkat jumlah angka kekerasan yang terjadi. Oleh karena itu  bantuan Mobil Perlindungan Perempuan dan Anak sangat bermanfaat.

Selain tiga fungsi utama, keberadaan MOLIN juga untuk mendukung Program “THREE END” Kementerian PP dan PA Republik Indonesia, yaitu :

  1. Akhiri Kekerasan Perempuan dan Anak ;
  2. Akhiri Perdagangan Manusia;
  3. Akhiri Kesenjangan Akses Ekonomi Perempuan, serta akan memaksimalkan Program Kegiatan PP dan PA Pemerintah Kabupaten Cilacap.

 

 

Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap Drs. SUNARDI.,MM.Pd melalui Sekretaris Dinas ARIDA PUJI HASTUTI, SP.,MM menyampaikan bahwa tidak semua Kabupaten / Kota di Jawa Tengah mendapatkan MOLIN, Kabupaten Cilacap merupakan satu dari 16 Kabupaten / Kota yang mendapat bantuan MOLIN dari Kementerian PP dan PA RI. Hal ini menunjukkan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan Pemerintah Pusat dalam melindungi hak-hak perempuan dan anak, terutama dalam memberikan pelayanan dan penanganan terhadap korban kekerasan. Dan juga semakin menguatkan komitmen yang telah menjadi slogan P2TP2A CITRA yaitu melindungi, mendampingi, melayani sepenuh hati. Harapan kedepan P2TP2A CITRA lebih memaksimalkan peran dan kinerjanya lebih baik. ( BIDANG KPA ).

Post Author: panggih kurniadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *