KABUPATEN CILACAP DIANUGRAHI SEBAGAI KABUPATEN LAYAK ANAK (KLA) TINGKAT PRATAMA

 

DINAS KB, PP, PA/ Penganugerahan sebuah Kabupaten / Kota menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan wujud nyata bahwa Kabupaten tersebut mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.

Pemeritah Pusat berupaya mendorong Pemerintahan Propinsi dan Daerah untuk  mewujudkan sebagai KLA, karena jumlah anak sekitar sepertiga dari jumlah penduduk, dimana anak merupakan investasi sumber daya manusia di masa sekarang dan yang akan datang, sekaligus sebagai generasi penerus  bangsa.  Harapan yang dicapai anak harus berkualitas agar tidak menjadi beban pembangunan.

Terwujudnya KLA juga mempunyai tujuan membangun inisiatif Pemerintah Kabupaten / Kota yang mengarah pada upaya transformasi konsep hak anak kedalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak di Kabupaten / Kota. Dimana kunci utama suksesnya KLA terletak pada Koordinasi dan Kerjasama antar Pemangku Kepentingan ( stakeholder ) untuk saling mendukung dan memperkuat dalam mewujudkan pemenuhan hak anak agar terintegrasi, holistik dan berkelanjutan.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( PP dan PA ) melaksanakan Evaluasi KLA setiap dua tahun sekali, dan menganugerahkan kepada Kabupaten / Kota Layak Anak sebagai Kabupaten Layak Anak dengan lima tingkatan yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

 

 

Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap Drs Sunardi, MM.Pd melalui Sekretaris Dinas Arida Puji Hastuti, SP, MM menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Cilacap berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) melalui Program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kabupaten Cilacap pada tahun 2017 berbangga hati karena mendapatkan anugrah sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama dari 126 Kabupaten / Kota se Indonesia. Penganugerahan Piagam Penghargaan dan tropi diberikan pada puncak Acara Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2017 di Kabupaten Pekan Baru Propinsi Riau.

Arida Puji Hastuti, SP, MM menyampaikan bahwa Prestasi yang diperoleh Kabupaten Cilacap ini merupakan wujud peran serta OPD terkait, Ormas / LSM, Dunia Usaha, dan Media Massa yang ada di Kabupaten Cilacap, harapan kedepan Kabupaten Cilacap dapat memperoleh penghargaan yang lebih tinggi lagi. ( Bidang KPA )

Post Author: panggih kurniadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *