PENINGKATAN KAPASITAS DAN JARINGAN KELEMBAGAAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK MELALUI PENGEMBANGAN PUSAT PELAYANAN TERPADU (PPT )

Pusat Pelayanan Terpadu  (PPT) merupakan unit kerja fungsional/lemba yang peduli terhadap korban tindak kekerasan  perempuan dana anak bentukan Pemerintah dibawah naungan Dinas KB, PP dan PA.  Di Kabupaten Cilacap dikenal dengan sebutan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A)  Cilacap Tanpa Kekerasan (CITRA).

P2TP2A CITRA mempunyai tugas yaitu Pelayanan dan  pendampingan terhadap korban  kekerasan  Perempuan dan Anak di Kabupaten Cilacap. Dalam penanganan kasus P2TP2A CITRA tidak bekerja sendiri tetapi bekerja sama dengan jejaring di  tingkat kabupaten maupun  tingkat kecamatan.

Berdasarkan data dari P2TP2A CITRA pada Tahun 2017 terdapat 117 Kasus dengan jumlah korban 129 orang dan pada tahun 2018 sampai dengan Bulan Juli 2018 terdapat 58 kasus dengan jumlah korban 77 orang. Berdasarkan data tersebut korban tindak kekerasan meningkat, kasus  terbanyak pada kekerasan seksual. Peningkatankasus  merupakan dampak makin meningkatnya kesadaran masyarakat / korban tindak kekerasaan untuk melapor.

Dulu ada anggota keluarga yang menjadi korban tindak kekerasan tidak mau   melapor, dikrenakan hal itu dianggap tabu  mereka beranggapan ketika melapor akan membawa aib bagi keluarga karena kejadian itu diketahui oleh orang lain.

Kekawatiraan semacam itu sebenarnya keliru sebab P2TP2A dalam melaksanakan penanganan kasus, kerahasiaan identitas korban seperti  nama, nama orangtua, alamat serta profesi/pekerjaan akan  dirahasiakan, data tersebut hanya bisa diakses oleh petugas.

Guna meningkatkan pelayanan dan penanganan korban kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Dinas KB, PP dan PA Kabupaten melaksanakan Kegiatan  Peningkatan Kapasitas dan Jaringan Kelembagaan Pemberdayaan Perempuan dan Anak melalui Pengembangan Pusat Pelayanan Tepadu (PPT).

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2018 bertempat di kecamatan Kesugihan  dan  tanggal 30 Juli 2018 bertempat di Kecamatan Nusawungu.  Peserta kegiatan  adalah Anggota Jejaring PPT tingkat Kecamatan sejumlah 100 orang dari unsur : Kasi Kesra Kecamatan,  Polsek,  Koramil, Koordinator PLKB/Penyuluh KKB, petugas KUA, Koorwilbidik , Bikor  Anak, Kepala Desa, Kepala SMA, Kepala SMP dan ketua TP PKK Kecamatan.

Beberapa materi disampaikan yaitu : Tehnik Pendampingan Terhadap Korban Kekerasan disampaikan oleh  Arifah Kusumawardhani, S.Psi, M.Psi Psikolog dari Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Selayang Pandang Pelayanan P2TP2A CITRA di sampaikan oleh Nurjanah Indriyani, SH Kepala Bidang Kesejahteraan dan Perlindungan Anak pada Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap, Kebijakan Pemerintah  Daerah dalam Penanganan Korban Kekerasan pada Perempuan dan Anak disampaikan oleh Erni Suharti,SH,M.Si Kasi Perlindungan Anak pada Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap, kegiatan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kompetensi peserta sebagai anggota PPT di tingkat kecamatan.

Drs.SUNARDI, M.MPd selaku  Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap menyampaikan pesan kepada peserta dapat  mengikuti kegiatan sampai selesai dan berharap ilmu yang di terima bermanfaat bagi orang lain, masyakat, serta sebagai bekal   sebagai petugas PPT dalam  melakukan pendampingan dan penanganan kasus kekerasan pada Perempuan dan Anak di Tingkat Kecamatan.

Post Author: chandra hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *