PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT (PATBM)

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk pencapaian perlindungan anak.

Merupakan inisiatif masyarakat untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan respon cepat terjadinya kekerasan terhadap anak dengan membangun kesadaran masyarakat  agar terjadi perubahan pemahaman, sikap, perilaku dan norma yang memberikan perlindungan kepada anak.

Berdasarkan data dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) CITRA Kabupaten Cilacap pada :

Tahun 2017 terdapat 117 Kasus kekerasan terhadap perempuan dan Anak dengan korban sebanyak 129 orang dengan rincian  berdasarkan usia anak dan Dewasa sebagai berikut :

  •  Anak  sebanyak      : 80 orang
  •  Dewasa sebanyak  : 49 orang

Tahun 2018 sampai dengan bulan Juli 2018  terdapat 58 kasus dengan korban  77 orang dengan rincian berdasarkan usia anak dan dewasa sebagai berikut :

  • Anak sebanyak        : 59 orang
  • Dewasa sebanyak   : 18 orang

Berdasakan data tersebut diatas  korban anak menempati prosentasi terbesar dari tahun ketahun.

Dinas KB, PP dan PA berkepentingan untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Juli 2018 bertempat di Pendopo Balai Desa Kalikudi Kecamatan Adipala.

Peserta  hadir sejumlah 100 orang dari unsur : Kasi Kesra kecamatan, Anggota Polsek, Anggota Koramil, Koordinator PLKB/Penyuluh KKBK, Petugas KUA, Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan, Bidan Koordinator Anak, Kepala desa se Kecamatan Adipala, Ketua TP PKK Kecamatan Adipala, Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Adipala, Perwakilan Ketua RW, Perwakilan Ketua RT,  Lembaga Adat Tradisi Anak Putu (ATAP) .dan Penyuluh KKBBK se Kecamatan Adipala.

Nara sumber dalam kegiatan tersebut  yaitu Arifah Kusumawardani, S.Psi, M.Psi, Psikolog dari Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) cilacap menyampaikan materi “ Tehnik Pendampingan Terhadap Korban Kekerasan “  dan Nurjanah Indriyani, SH Kepala Bidang kesejahteraan dan Perlindungan Anak pada Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap menyampaikan materi ; “ Mekanisme Pengelolaan PATBM di tingkat Desa/Kelurahan “

Dasar kegiatan sosialisasi  adalah :

  • Undang – undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah Pasal 9, Pasal 11 (1), Pasal  12 (2), Pasal 13 (3, 4), Pasal  17.
  • Undang- undang Nomor 35 Tahun 2014 tentangperubahan atas Undang – undang Perlindungan Anak pasal 22, Pasal 23 (1),Pasal 25 (1), Pasal 71E (1), Pasal 72 (1).

Sosialisasi  PATMB bertujuan yaitu :

  • Mencegah kekerasan terhadap anak pada Tingkat kelurahan/desa di kabupaten Cilacap
    • Membangunsistem dukungan dan ketrampilan di tingkat komunitas dan keluarga untuk mewujudkan pengasuhan yang mendukung relasi yang aman untuk mencegah kekerasan.
    • Meningkatnya ketrampilan hidup dan ketahanan diri anak dalam mencegah kekerasan.
    • Menerapkan dan membiasakan norma sosial yang melindungi anak dalam tumbuh kembangnya
  • Menanggapi secara dini terjadinya kekerasan terhadap anak pada tingkat Desa/Kelurahan di Kabupaten Cilacap

Dalam melaksanakan kegiatan PATBM mempunyai Prinsip dasar yaitu :

  • Kepentingan terbaik untuk anak, Partisipasi Anak, Perlindungan Hak untuk Hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, Non-diskriminasi.
  • Memperkuat struktur perlindungan anak lokal yang telah ada
  • Membangun sinergitas dengan lembaga desa , perangkat desa, posyandu, PKK, kader KB, PATMB desa lain, Ormas,  LSM (jaringan horisontal) dan SKPD, rujukan layanan primer (jaringan vertikal).

Drs, Sunardi, MM.Pd selaku Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap menyampaikan pesan kepada para peserta, setelah selesai mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat menindak lanjuti kegiatan di daerahnya masing- masing. Mudah – mudahan dapat  menekan angka kekerasan pada anak di Kabupaten Cilacap.

Post Author: chandra hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *