PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) XXV DAN HARI ANAK NASIONAL (HAN) KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018

Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke 25 dan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018 pelaksanaannya dijadikan satu, seperti yang dilaksanakan di Tingkat provinsi Jawa Tengah.

Tema Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 dan Hari Anak Nasional Kabupaten Cilacap Tahun 2018 adalah : “ Dengan  Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang berkarakter serta Mewujudkan Anak Cilacap Anak Genius ( Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat) “

Puncak acara berupa Resepsi peringatan HARGANAS dan HAN Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 2 Agustus 2018  bertempat di Obyek Wisata Cigulingharjo Kecamatan Majenang

Peserta yang  hadir pada puncak acara tersebut yaitu : Bupati  Cilacap beserta Forkompinda , para pejabat pemerintah Kabupaten Cilacap, TP PKK  se Kabupaten Cilacap , para Ketua Organisasi Masyarakat, Organisasi Perempuan, Organisasi Pemuda se kabupaten cilacap, Para Kader KB, Kader PKK, Penyuluh KKB se kabupaten Cilacap serta Perwakilan Siswa/siswi Tingkat SLTA, SLTP, dan Taman Kanak-Kanak.

Teti Rohatiningsih,S. SOS ketua TP PKK Kabupaten Cilacap selaku Ketua Panitia Pelaksanaan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018 melaporkan pelaksaan kegiatan ke Bupati Cilacap.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Peringatan Hari keluarga Nasional ke 25 dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018  meliputi :

1. Deklarasi Anak Indonesia Anak Genius ( Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat) Tingkat Kabupaten Cilacap

2.  Deklarasi Orang Tua Hebat

3.  Lomba Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana Tingkat Kecamatan, Kabupaten, Propinsi dan Nasional,  beberapa lomba yang Kabupaten Cilacap  dikuti meraih penghargaan :        

  1. Puskesmas Sampang dalam lomba KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Kategori Puskesmas meraih Juara 1 Tingkat Nasional
  2. Lomba Pasangan Akseptor KB Lestari 15 tahun Keluarga Sudarsono, S.Pd dan  Sri Sugiartiningsih,S.Pd dari Kecamatan Kawunganten meraih Juara I Tingkat Nasional Regional I.
  3. Lomba Duta Orang Trua Hebat Keluarga Bapak Rochim dan  Ibu Siti Maunah dari Kecamatan Kawunganten meraih Juara I Tingkat Nasional Regional I.
  4. Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan Lomba Kampung KB meraih Juara 3 Tingkat Provinsi Jawa Tengah
  5. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA)  Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungungan Anak Republik Indonesia.

4.      Lomba dalam rangka HAN Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018, berupa lomba Permainan Anak Tradisional  yaitu :  Lomba Peragaan Busana Batik,  Lomba Bermain Hulahoop, Lomba Balap Pelek Sepeda, Lomba Mewarnai.

5.      Memberikan penghargaan kepada Camat yang sudah memfasilitasi terbentuknya Kampung KB dengan dana desa di semua desa di wilayahnya.

H. Tatto Suwarto Pamuji selaku Bupati Cilacap berkenan hadir dan memberikan sambutan dan pengarahan pada acara tersebut . Dalam sambutan menyapaikan beberapa pesan  yaitu  :

  1. Semoga prestasi yang sudah kita raih dapat dipertahankan dan bisa  dtingkatkan lagi ini merupankan wujud kinerja yang optimal.
  2. Setiap keluarga di Kabupaten Cilacap menjadi Keluarga yang harmonis sebagai tempat terbaik untuk Pendidikan Karakter Anak akan menghasilan anak Gesit, Empati Berani, Unggul dan Sehat (GENIUS) sebagai generasi penerus bangsa.

Post Author: chandra hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *