BKKBN BERSAMA KOMISI IX DPR RI MENGGELAR SOSIALISASI PEMBANGUNAN KELUARGA BAGI SISWA SLTA DI KABUPATEN CILACAP

Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas KB, PP dan PA) merasa sangat bersyukur, karena salah satu sektor  yang menjadi garapnnya yaitu Program Pembangunan Keluarga mendapat perhatian dari Komisi IX DPR RI. Pada masa reses tahun 2018 ini, Komisi IX DPR RI yang merupakan mitra BKKBN, bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah menggelar sosialisasi Pembangunan Keluarga bagi para siswa di dua sekolah, yaitu SMK Muhamadiyah Sampang pada hari Selasa, 11 Desember 2018 dan SMK Muhamadiyah Karangpucung yang  akan dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Desember 2018.

Hadir pada acara tersebut, lima narasumber masing-masing anggota Komisi IX DPR RI yang berasal dari Kabupaten Cilacap H. Muhamad Hanafi, S.Sos, Sekeretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Dra. Erna Sulistyowati, M.Si, Perwakilan BPKP, TP4D, dan Sekretaris Dinas KB, PP, PA Kabupaten Cilacap  Arida Pujihastuti, SP. MM.

Pada acara yang dihadiri oleh tidak kurang 200 peserta ini, para narasumber melihat pentingnya para siswa dan remaja memahami perencanaan hidup berkeluarga, menjadi remaja yang punya visi jauh kedepan dengan menghindari Triad KRR yaitu  Katakan tidak pada : nikah dini, sex pra nikah dan narkoba. Tiga hal ini merupakan syarat vital bagi para remaja untuk membangun dirinya menjadi remaja yang berkualitas, tangguh dan siap menyongsong hadirnya Window of oportunityyang diperkirakan terjadi pada tahun 2020-2035, dimana remaja saat ini akan menjadi pelaku pembangunan yang produktif.

Diharapkan para remaja mulai saat ini harus mempersiapkan diri secara baik, sehingga pada saatnya nanti mereka bisa berperan aktif dalam pembangunan, termasuk membangun keluarga yang berkualitas dengan menerapkan fungsi-fungsi keluarga secara konsisten. Agar pemahaman tentang bagaimana menjadi remaja berkualitas dan perencanaan berkeluarga yang baik, para remaja dapat memulainya dengan membentuk atau mengefektifkan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), baik di sekolah-sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

Post Author: panggih kurniadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *