KOMITMEN PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP MENEKAN ANGKA KEKERASAN TERHADAP PEKERJA MIGRAN

DINAS KBPPPA, Dalam rangka menekan angka kekerasan terhadap Pekerja Migran Pemerintah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Pidana Perdagangan  Orang (TPPO). Kegiatan diselenggarakan di wilayah yang banyak terdapat Pekerja Migran atau Perempuan menjadi Pekerja Migran di Luar Negeri.

Kegiatan dilaksanakan di dua tempat, Kecamatan Gandrungmangu dan Kecamatan Bantarsari pada tanggal 9 dan 10 April 2019. Pembicara dalam kegiatan tersebut dari        Koordinator Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Cilacap dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) CITRA Kabupaten Cilacap. 

Kepala Dinas KB, PP dan PA Murniyah, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa  Pembicara merupakan petugas layanan yang langsung menangani dan mendampingi korban perdagangan orang yang sudah banyak pengalaman. Dengan harapan setelah mengikuti kegiatan, peserta dapat bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi di lingkungan masing-masing.

Kabupaten Cilacap tidak lagi menjadi kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) tetapi sudah menjadi lumbung PMI, dimana banyak korban kekerasan yang dialami oleh Pekerja Migran. Berdasar data kasus yang ditangani oleh P2TP2A CITRA dimana pada tahun 2013 terdapat 12 Kasus dengan 12 Klien, tahun 2014 sampai 2016 tidak ada kasus yang ditangani, sedangkan tahun 2017 terdapat 7 kasus dengan 8 klien, serta tahun 2018 terdapat 1 kasus dengan 1 klien. Kasus Perdagangan Orang seperti fenomena gunung es, yang kelihatan itu sedikit tetapi sebenarnya korbannya banyak, karena korban takut dan enggan melapor serta tidak tahu kemana harus melapor, kata Murniyah. (Red. Zero PP)

Post Author: chandra hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *