PEMBINAAN KAPASITAS JARINGAN P2TP2A DI KECAMATAN

Jaringan P2TP2A merupakan sebuah lembaga jaringan pemerintah dan non pemerintah yang peduli terhadap korban perempuan dan anak. Sebagai unit lembaga jejaring dari lembaga pemerintah dan non pemerintah, P2TP2A memberikan layanan berupa laporan, pendampingan, informasi, pembinaan dan pencegahan terhadap segala bentuk tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Unsur-unsur kelembagaan jaringan dalam P2TP2A diantaranya Desa/Kelurahan, Kecamatan, Koordinator Wilayah, pihak sekolah, Tenaga Medis Kesehatan seperti Bidan serta aktivis lainnya yang berperan penting dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kegiatan peningkatan kapasitas dan jaringan kelembagaan pemberdayaan perempuan dan anak melalui P2TP2A Tahun 2019 dilaksanakan di 5 kecamatan yaitu kecamatan Wanareja, Cipari, Bantarsari, Kawunganten dan Sampang. Peserta berasal dari Kasi Sosek Kecamatan, Pengurus PATBM, kaur Kesra Desa, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Desa, Koordinator PLKB, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan, Bidan Anak, Kepala SMP / MTS, Kanit Reskrim Polsek, Tokoh Agama / Tokoh Masyarakat, Pengusaha.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Nurjanah Indriyani SH selaku Kepala Bidang Kesejahteraan dan perlindungan Anak menyampaikan materi Selayang Pandang P2TP2A Citra,  Sri Rejeki Hartikawati, S.Psi menyampaikan materi Tekhnik Pendampingan Psikologi Bagi Korban Kekerasan, Koordinator PLKB menyampaikan materi Undang-Undang Perlindungan Anak. Dalam layanan perlindungan terhadap perempuan dan anak, P2TP2A Kabupaten Cilacap mengedepankan untuk pencegahan kekerasan, adapun yang telah menjadi korban kekerasan, jaringan ini mengutamakan keinginan korban untuk dapat lebih cepat mengalami pemulihan fisik dan psikis, serta pemenuhan tuntutan hukum untuk mendapatkan keadilan. (KPA)

Post Author: chandra hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *