MOTIVASI PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN, PELUANG TERPENUHI KUOTA 30 % TERLIBAT DALAM POSISI STRATEGIS

DINAS KBPPPA, Pemerintah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan Peran Politik Perempuan dalam Pembangunan Sesuai Perspektif Gender. Kegiatan dilaksanakan untuk memberikan semangat, motivasi dan pemahaman kepada kaum perempuan tentang peran dan partisipasi politik perempuan dalam proses pengambilan keputusan secara formal di institusi politik seperti anggota legislatif, birokrasi atau partai politik.

Kegiatan dilaksanakan di lima tempat, Kecamatan Cimanggu, Cipari, Kroya, Jeruklegi dan Cilacap Selatan. Pada tanggal 20 – 22 Mei 2019 kemudian pada tanggal 23 dan 28 Mei 2019. Pembicara pada kegiatan tersebut dari Anggota DPRD Kabupaten Cilacap dan Komisioner KPU Kabupaten Cilacap. Peserta sejumlah 200 orang terdiri dari anggota organisasi perempuan, anggota / pengurus partai politik, dan anggota DPRD perempuan yang terbagi 40 orang disetiap lokasi kegiatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas KB, PP dan PA Murniyah, S.Pd.,M.Pd menyampaikan kemajuan jaman mengubah pandangan tentang peranan perempuan  dan  emansipasinya. Saat ini, peluang kaum perempuan memperoleh  hak  yang  sama dengan laki – laki sudah terbuka lebar. Kesempatan menduduki posisi pimpinan di birokrasi pemerintahan, anggota legislatif, pimpinan formal di masyarakat dan lainnya, tidak lagi dibedakan berdasarkan perbedaan gender. Namun kenyataannya, kaum perempuan sampai saat ini belum sepenuhnya memanfaatkan kesempatan yang tersedia.

Dalam kesempatan tersebut Purwati, S.Pd dari DPRD Kabupaten Cilacap mengatakan, masih rendahnya peranan perempuan dalam kehidupan politik di Kabupaten Cilacap, terlihat dari jumlah anggota DPRD Cilacap yang perempuan baru mencapai 24 % dari kuota yang disediakan untuk perempuan sebanyak 30%. Beberapa posisi lain seperti Camat Perempuan, Kepala Desa Perempuan, Kepala Dinas Perempuan, dan lainnya juga prosentasenya masih sangat kecil dibanding laki-laki. Partisipasi perempuan perlu terus ditingkatkan. Kesejajaran antara perempuan dengan laki – laki akan makin terwujud apabila perempuan itu sendiri  mau berusaha sesuai dengan kemampuannya, sehingga dengan kemampuan  yang  sama  maka  akan sanggup  mensejajarkan diri  dengan  laki – laki. (Red. Zero PP)

Post Author: panggih kurniadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *