SIGA, MEMBUAT PARA PEMANGKU KEBIJAKAN MENGHASILKAN KEBIJAKAN DAN KEPUTUSAN TEPAT

DINAS KBPPPA, Pemerintah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Data Pilah Gender dan Anak Melalui Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) Kabupaten Cilacap Tahun 2019. Kegiatan tersebut sangat penting dan bermanfaat bagi semua OPD di Kabupaten Cilacap, karena dengan adanya data terpilah antara jumlah laki-laki dan perempuan akan mempermudah membuat program dan kegiatan, membuat keputusan dan membuat kebijakan berkaitan dengan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan di Kabupaten Cilacap, serta sebagai strategi mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap pada tanggal 24 Juni 2019. Sebagai pembicara pada kegiatan tersebut dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Propinsi Jawa Tengah. Peserta sejumlah 40 orang terdiri dari OPD terkait, yang selanjutnya mengisi data yang terdapat pada indikator di website SIGA. 

Dalam sambutannya Kepala Dinas KB, PP dan PA Murniyah, S.Pd.,M.Pd menyampaikan data terpilah antara jumlah laki-laki dan perempuan merupakan dokumen yang bernilai tinggi, karena untuk mendapatkan data terpilah memerlukan usaha dan perjuangan yang keras. Karena masih banyak OPD memiliki data namun tidak terpilah antara laki-laki dan perempuan. Dan juga belum ada petugas khusus yang menangani data di masing-masing OPD, sehingga ketika membuat program dan kegiatan menghasilkan kebijakan dan keputusan kurang tepat.

Dalam kesempatan tersebut Drs. Yuli Arsianto, MM Kasi Data dan Informasi DP3AKB Propinsi Jawa Tengah mengatakan, data pilah gender dan anak melalui aplikasi Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam proses perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan hasil kebijakan / program / kegiatan pembangunan yang responsif gender dan anak di Kabupaten Cilacap. Serta sebagai data pembuka wawasan pada perencanaan pembangunan dan penganggaran yang responsif gender dan anak di Kabupaten Cilacap dan Propinsi JawaTengah. (Red. Zero PP)

Post Author: panggih kurniadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *