UPAYAKAN DIVERSI BAGI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM

Masa anak adalah masa yang sangat rawan dalam proses pertumbuhannya, karena di masa-masa inilah anak seringkali memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu hal yang baru. Anak seringkali terpengaruh oleh lingkungan dimana ia bergaul dan bersosialisasi.  Lingkungan yang  kurang baik terkadang membuat anak melakukan hal-hal tidak baik. Hal ini membuat kita seringkali menemukan ada banyak anak yang tersangkut dalam masalah hukum pidana atau tindak kejahatan.

Proses pengadilan pidana bagi anak dapat menimbulkan dampak negatif pada anak yaitu kecenderungan bersifat merugikan perkembangan jiwa anak di masa mendatang. Jika anak-anak berada dalam penjara, hak-hak mereka yang dijamin undang-undang Perlindungan Anak banyak  yang tidak terpenuhi. Selain itu pembinaan dipenjara bukan merupakan tindakan yang terbaik, karena menurut penelitian, anak-anak yang terlepas dari penjara akan menjadi residivis atau mengulangi tindakan kejahatan yang serupa.

Narasumber pada kegiatan kali ini berasal dari Polres Cilacap dan Kejaksaan Negeri Cilacap. Peserta berasal dari Kasi Trantibum Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Cilacap. Harapan diadakannya kegiatan ini adalah semua pihak bisa bersama-sama mengembangkan langkah-langkah implementatif dalam langkah-langkah pengendalian dan pencegahan anak-anak yang berpotensi melawan hukum. Kemudian selanjutnya untuk anak-anak yang sedang berhadapan dengan hukum sebaiknya bisa didampingi dalam proses hukum khususnya dalam proses diversi agar hak-hak mereka untuk tumbuh kembang menjadi generasi penerus bangsa tidak terampas. (KPA)

Post Author: chandra hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *