UPAYAKAN DIVERSI BAGI PENANGANAN ANAK YANG BERHADAPAN HUKUM

Kegiatan Advokasi penanganan anak yang berhadapan hukum dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Trantibum Kecamatan dan Kasi Trantibum Kelurahan di Kabupaten Cilacap.

Dilaksanakannya kegiatan ini karena masa anak-anak adalah masa yang sangan rentan dalam proses pertumbuhannya, perlu adamya perhatian khusus dari pemerintah maupun jejaring perlindungan anak. Lingkungan yang kurang baikpun seringkali mempengaruhi perilaku anak menjadi tidak baik pula dan akhirnya tersangkut masalah hukum pidana. Karena proses peradilan pidana anak yang berhadapan dengan masalah hukum dianggap memberikan dampak negatif pada anak maka aparat penegak hukum / pihak berwenang disarankan mengalihkan proses peradilan pidana anak ke proses diversi.

Hasil yang ingin dicapai dari proses diversi ini yaitu proses peradilan pidana terhadap anak anak dapat menyebabkan gangguan terhadap tumbuh kembang anak. Oleh karena itu melalui diversi, maka tidak setiap perkara pidana yang pelakunya anak langsung masuk dalam sistem peradilan pidana.

Dengan pertimbangan tersebut, maka kegiatan advokasi penanganan anak berhadapan dengan hukum dapat dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya. Diharapkan para peserta dapat berperan serta dalam proses diversi apabila terjadi kasus anak berhadapan dengan hukum. (KPA)

Post Author: chandra hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *