PELATIHAN PPRG, OPTIMALKAN KINERJA PERENCANA OPD DAN KECAMATAN DALAM MEMBUAT DOKUMEN

DINAS KBPPPA, Pemerintah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Pelatihan  Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) bagi Perencana OPD dan Kecamatan Se Kabupaten Cilacap Tahun 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kedudukan, peran dan kualitas  perempuan serta dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Proses ini  merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan fungsional di semua instansi dan lembaga pemerintah, baik di tingkat pusat maupun di daerah, sebagai wujud mendorong, mengefektifkan dan mengoptimalkan Pengarus Utamaan Gender (PUG) secara terpadu dan terkoordinasi ke dalam proses perencanaan pembangunan. Dilaksanakan pada tanggal 29 – 30  Juli 2019 dan diikuti oleh 100 (seratus) orang Perencana OPD dan Kecamatan se Kabupaten Cilacap, bertempat di Fave Hotel Cilacap. Pembicara dalam kegiatan tersebut DR. Indra Kertati, M.Si dari Universitas 17 Agutus 1945 Semarang, Bappelitbangda Kabupaten Cilacap dan Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya Kepala Dinas KB, PP dan PA Murniyah, S.Pd.,M.Pd menyampaikan pengintegrasian isu gender dalam program dan kegiatan pembangunan daerah sangat penting dilakukan secara bersama-sama antar OPD.  Penyusunan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan responsif gender seharusnya dilakukan melalui analisis gender atau metode analisis lain. Selanjutnya hasil analisis gender tersebut harus dituangkan dalam penyusunan Gender Budget Statement (GBS) dan menjadi dasar OPD dalam menyusun kerangka acuan kegiatan serta menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan dokumen RKA / DPA OPD.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas KB, PP dan PA mengatakan sejak tahun 2014 Kabupaten Cilacap telah melakukan pelatihan PPRG bagi OPD di Kabupaten Cilacap, akan tetapi belum memberikan hasil maksimal dalam membuat dokumen, dikarenakan proses penyusunan Gender Analysis Pathway (GAP)  dibuat berdasarkan RKA yang telah dibuat oleh OPD. Disamping itu penyusunan GAP masih dianggap sulit dalam penjabaran masalah yang menjadi isu strategis. Sehingga sampai saat ini implementasi PUG dan PPRG di Kabupaten Cilacap masih mengalami kendala. Sebagai upaya mengatasi kendala tersebut, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap melakukan Pertama, Upaya meningkatkan kualitas kelembagaan PUG dan SDM melalui advokasi dan rapat koordinasi. Kedua, menyelenggarakan pelatihan penyusunan PPRG bagi  OPD dan Kecamatan, Ketiga,  Upaya peningkatan kapasitas Pusat Studi Wanita / Gender (PSW/G) mengenai PUG, dan Keempat, Melakukan fasilitasi dan pendampingan Anggaran Responsif Gender (ARG)  kepada OPD. (Red. Zero PP)

Post Author: panggih kurniadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *