EVALUASI PENGARUSUTAMAAN GENDER UNTUK MENGUKUR KEBERHASILAN KINERJA PEMBANGUNAN BERPERSPEKTIF GENDER

DINAS KBPPPA, Pemerintah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Evaluasi Pengarusutamaan Gender ( PUG ) Kabupaten Cilacap Tahun 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mengukur keberhasilan kinerja Pembangunan Berperspektif Gender Kabupaten Cilacap Tahun 2018. Kegiatan dilaksanakan pada Senin – Selasa, 16 – 17  September 2019 dan diikuti oleh 200 (dua ratus) orang terbagi dari Para Perencana OPD dan Instansi Vertikal sebanyak 100 (seratus) orang dan Jejaring PUG Kabupaten Cilacap sebanyak 100 (seratus) orang. Narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Bappelitbangda Kabupaten Cilacap dan Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Cilacap Drs Dian Setyabudi., MM, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Formulir Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang telah diisi adalah juga dalam rangka mengikuti Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya ( APE ). Dari 35 Kabupaten/Kota yang telah mengisi formulir evaluasi yang lolos verifikasi online ada 24 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Cilacap, dan hasilnya Kabupaten Cilacap mendapatkan Penghargaan Tingkat Madya. Alhamdulillah ini merupakan penghargaan yang sudah sangat bagus karena kita belum pernah mendapatkan penghargaan apapun. Sedangkan yang mendapatkan penghargaan Tingkat Mentor / tertinggi adalah Kabupaten Rembang, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Brebes. Hal ini, menjadi pemacu semangat untuk lebih baik lagi di tahun depan, Kabupaten Cilacap bisa mendapatkan penghargaan di tingkat Mentor. Diraihnya Penghargaan APE ini tidak semata-mata hanya perjuangan Dinas KB, PP dan PA saja. Ini adalah kerja keras dan kerja sama kita semua secara keseluruhan.

Dalam paparan materinya Kepala Bappelitbangda Kabupaten Cilacap Sumbowo, S.Sos.,M.Si menyampaikan secara terperinci bahwa Evaluasi Pengarusutamaan Gender Kabupaten Cilacap Tahun 2019 adalah bertujuan; Pertama, Mengetahui perkembangan pelaksanaan pembangunan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Cilacap tahun 2018. Kedua, Mengetahui peluang – peluang yang dapat mendukung capaian keberhasilan pembangunan berperspektif gender. Ketiga, Mengetahui hambatan dan kendala yang ada dalam upaya meningkatkan capaian keberhasilan pembangunan berperspektif gender. Keempat, Mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di Kabupaten Cilacap dalam mendukung peningkatan predikat penghargaan pembangunan berperspektif gender pada tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap Murniyah, S.Pd.,M.Pd mengatakan apa yang telah diraih Kabupaten Cilacap saat ini merupakan cermin dan hasil yang sudah dilakukan pada tahun – tahun berjalan. Tentu saja masih banyak yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Kita tidak bisa kerja sendiri, dalam PUG ini harus bekerjasama dan sama – sama bekerja yaitu dengan membentuk Kelompok Kerja ( POKJA ) PUG, Tim Driver ( Penggerak ) PUG, Tim Teknis PUG, Tim Jejaring PUG, Pusat Study Gender ( PSG ) dan Tim – tim lainnya yang secara serentak akan mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender ( KKG ) yaitu pembangunan yang bisa dinikmati oleh semua jenis kelamin, semua usia, semua golongan di Kabupaten Cilacap. (Red. Zero PP)

Post Author: chandra hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *