RAKOR Persiapan Pelayanan KB Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Ke-27 Tahun 2020

RAKOR Persiapan Pelayanan KB Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Ke-27 Tahun 2020

Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak menargetkan 17.397 peserta KB (akseptor) pada momentum Hari Keluarga nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020 yang digelar tanggal 29 Juni 2020 mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam rapat persiapan Harganas di Kabupaten Cilacap yang digelar di Ruang Rapat Dinas KBPPPA pada hari Rabu 17 Juni 2020. Rapat dibuka langsung Kepala Dinas KBPPPA Kabupaten Cilacap, Murniyah, S.Pd.,M,Pd.

Selain diikuti pejabat esolan III dan IV, rapat tersebut dihadiri seluruh Koordinator Penyuluh KB kecamatan se Kabupaten Cilacap.

Dalam paparan yang disampaikan Kepala Dinas disebutkan bahwa Kabupaten Cilacap  untuk pelayanan KB yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020 tersebut  ditargetkan mencapai 17.397 akseptor yang terdiri dari  IUD sebanyak 392 akseptor, implant 439 akseptor, suntik 1.689 akseptor dan pil 14.156 akseptor serta kondom 721 akseptor.

“Jadi dalam rangka Harganas ke 27 tahun 2020 itu total pelayanan KB serentak secara nasional sebanyak satu juta akseptor dan target pelayanan KB serentak di kabupaten Cilacap sebanyak 17.397 akseptor,” kata Murniyah.

Adapun jenis pelayanan KB itu yakni KB baru, KB ulang dan KB ganti cara. Sedangkan tempat pelayanan yakni di Rumah Sakit, Puskesmas, Dokter dan Bidan Praktek Mandiri, Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dan pelayanan KB bergerak.

“Namun dalam pelayanan tetap memperhatikan kondisi wilayah dan protokol kesehatan dalam masa pandemi COVID-19,” tegasnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas mengingatkan dan menekankan bahwa dalam pencatatan dan pelaporan hasil Pelayanan KB serentak ini dilakukan secara sistematis dan langsung dapat diterima oleh Tim Panitia Pusat pada hari yang sama. Pelaporan hasil pelayanan KB serentak akan dilakukan secara real time.

Kemudian seluruh hasil pelayanan pada kegiatan Pelayanan KB serentak ini tetap dicatat dan dilaporkan pada Sistem Pencatatan dan Pelaporan Rutin BKKBN yaitu pada aplikasi Statistik Rutin (SR) dan Sistem Informasi Keluarga (SIGA).

Di akhir paparannya   Murniyah dalam memperingati Harganas minta seluruh peserta rapat untuk terus menyosialisasikan program Bangga Kencana terutama rebranding program.(Ys-69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *