Pelayanan KB Sejuta Akseptor Dalam Rangka HARGANAS Ke 27 Tahun 2020 Kabupaten Cilacap

Pelayanan KB Sejuta Akseptor Dalam Rangka HARGANAS Ke 27 Tahun 2020 Kabupaten Cilacap

Dinas KBPPPA Kabupaten Cilacap bersama mitra kerja melakukan Pelayanan KB Sejuta Akseptor secara serentak di seluruh kecamatan di kabupaten Cilacap. Hal ini dalam rangka untuk memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 tahun 2020.

Kepala Bidang KB dan KKK Dinas KBPPPA Kabupaten Cilacap, Drs Agus subagyo, M.Si, mengatakan, pada hari Senin, 27/6/2020) saat melakukan kunjungan di Puskesmas Cilacap Tengah 1 untuk menyaksikan langsung pelayanan KB di Puskesmas tersebut cukup baik dan berjalan sesuai protokol kesehatan.

Secara Keseluruhan dari hasil rekap pelayanan KB sejuta akseptor yang meliputi pelayanan KB baru, ganti cara dan ulang di wilayah Kabupaten Cilacap sebanyak berjumlah 17.375 akseptor dari yang ditargetkan sebanyak 17.397 akseptor atau 99,87 %, yang terdiri IUD sebanyak 380 akseptor, MOW berjumlah 18 akseptor, implant berjumlah 851 akseptor, suntik berjumlah 6.456 akseptor, pil berjumlah 8.629 akseptor dan kondom berjumlah 1.041 akseptor.

Secara keseluruhan, menurut Agus, jumlah akseptor di Kabupaten Cilacap trendnya diperkirakan akan terus naik, mengingat animo masyarakat untuk mendapat pelayanan KB cukup besar.

“Dalam pelaksanan pelayanan KB yang dilakukan di seluruh kecamatan di Cilacap, para calon peserta pelayanan KB akan discrening terlebih dahulu. Artinya adanya konseling terlebih dulu, dari aspek kesehatan juga di periksa, ” terang Agus.

Agus juga menegaskan bahwa setelah mendapat pelayanan KB, Akseptor juga diwawancarai oleh Penyuluh KB melalui Survey Indeks pelayanan KB mengenai kualitas pelayanan KB. (Ys-69).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *