PEMILIHAN DUTA GENERASI BERENCANA KABUPATEN CILACAP TAHUN 2020

PEMILIHAN DUTA GENERASI BERENCANA KABUPATEN CILACAP TAHUN 2020

Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Cilacap tahun 2020 kembali digelar, pada Rabu 1 Juli 2020 di Kantor Dinas KB PP PA Cilacap. Pemilihan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe kepada remaja khususnya di kabupaten Cilacap. Selain itu Duta Genre merupakan seorang figur motivator di kalangan remaja yang bertugas untuk mengembangkan PIK-R yang merupakan wadah pelayanan informasi dan konseling remaja. Adanya Duta GenRe akan memudahkan sosialisasi mengenai program GenRe, karena GenRe adalah program dari remaja, untuk remaja, dan oleh remaja. Sehingga pendekatan yang dilakukan akan efektif untuk remaja.

Genre merupakan progam BKKBN guna mengembangkan potensi anak bangsa  khususnya Putra Putri Cilacap serta mengajarkan para remaja untuk  terhindar dari 3 masalah yang dihadapi remaja atau TRIAD KRR. KRR sendiri merupakan singkatan dari Kesehatan Reproduksi Remaja. Sedangkan TRIAD KRR terdiri dari Pernikahan dini, Seks Pranikah dan Napza.

Pemilihan Duta Genre Kabupaten Cilacap diikuti oleh 23 pasang finalis dari perwakilan kecamatan yang ada di kabupaten Cilacap, yakni Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang, Karangpucung, Cimanggu, Cipari, Sidareja, Kedungreja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari, Kawunganten, Jeruklegi, Cilacap Utara, Cilacap Tengah, Kampung Laut, Cilacap Selatan, Kesugihan, Maos, Sampang, Adipala, Kroya, dan Nusawungu. Perwakilan setiap kecamatan ini merupakan generasi muda terbaik yang mendapat rekomendasi dari PLKB di kecamatan tersebut.

Acara dilaksanakan 2 hari, yakni tanggal 1 Juli 2020 – 2 Juli 2020. Pada tanggal 1 Juli 2020 diikuti oleh peserta dari Cilacap Timur sedangkan 2 Juli 2020 oleh peserta dari Cilacap Barat. Hal ini dilakukan guna mendukung program pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan COVID-19 di era new normal. Protokol kesehatan tersebut diantaranya penyediaan tempat mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berekerumun.

Hasil Pemilihan diumumkan pada hari Jum’at, 3 Juli 2020. Juara 1 Putra Duta GenRe Kabupaten Cilacap adalah Syafaringga Tri Putra dengan perolehan nilai 1247 dari Kecamatan Cilacap Tengah, disusul Iqbal Two Rohman dari Kecamatan Kroya sebagai Juara 2 Putra Duta GenRe Kabupaten Cilacap tahun 2020 dengan perolehan nilai 1220, dan sebagai juara 3 putra Duta GenRe Kabupaten Cilacap tahun 2020 adalah Muhammad Afif Aminudien dengan perolehan nilai 1214 dari Kecamatan Wanareja. Sedangkan Juara 1 Putri Duta GenRe Kabupaten Cilacap Tahun 2020 adalah Aisyah Athiyyah Ashma dari Kecamatan Cilacap Tengah dengan perolehan nilai 1276, disusul Okta Risma Tiani dari Kecamatan Kesugihan sebagai Juara 2 Putri Duta GenRe Kabupaten Cilacap tahun 2020 dengan perolehan nilai 1222, dan sebagai juara 3 putri Duta GenRe Kabupaten Cilacap tahun 2020 adalah Aline Bella Triwardhani dengan perolehan nilai 1201 dari Kecamatan Jeruklegi. Kami semua juga berharap agar Duta GenRe yang sudah terpilih nantinya dapat meraih juara di pemilihan Duta GenRe serupa di tingkat provinsi bahkan nasional.

Kemudian yang menarik dalam pemilihan Duta GenRe tahun 2020 adalah adanya penampilan bakat minat untuk 23 pasang finalis, dan pembentukan forum GenRe Kabupaten Cilacap. Harapannya, dengan adanya Forum GenRe Kabupaten Cilacap ini akan memudahkan kami untuk saling berbagi ilmu, pengalaman, dan cerita dari para remaja di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap sehingga dapat mendiskusikan solusi dari setiap permasalahan yang sering dialami para remaja di wilayah Kabupaten Cilacap. Selain itu Forum GenRe juga merupakan  wadah para remaja yang berkretivitas dan berpikiran positif yang nantinya menjadi Roll Model bagi teman-teman sebaya dan Lingkungan sosialnya serta mampu bersosialisasi mempromosikan progam Genre dimasing-masing Wilayah.

Forum Genre Kabupaten Cilacap juga mulai aktif di media sosial yang dimulai dari instagram dengan nama akun @genrecilacap. Hal ini dilakukan karena media sosial adalah platform yang sangat dekat dengan remaja, sehingga dinilai efektif untuk menyebarkan program GenRe. Selain itu, media sosial sekarang ini juga sangat berperan penting di era COVID-19.@genrecilacap.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *