PEMBUATAN FACE SHIELD UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIFITAS EKONOMI  PEREMPUAN DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19

PEMBUATAN FACE SHIELD UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIFITAS EKONOMI PEREMPUAN DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19


DINAS KBPPPA, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap melaksanakan Kegiatan Tahap 2 Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan Kepala Keluarga dan Perempuan Rentan Lainnya yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara khusus bertujuan memberikan bantuan dalam bentuk Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) kepada kelompok penerima manfaat di 35 Kabupaten / Kota di Jawa Tengah. Jaring Pengaman Ekonomi berupa Pemberdayaan Ekonomi Perempuan sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan Produktifitas Ekonomi bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dan perempuan rentan lainnya yang terdampak COVID-19 di Jawa Tengah, dengan bentuk kegiatan Pembuatan Face Shield. Seperti pada kegiatan Tahap sebelumnya, di Tahap 2 kelompok sasaran dituntut untuk bekerja dulu baru mendapat ongkos.

Di Kabupaten Cilacap, kegiatan dilaksanakan oleh 54 (lima puluh empat) kelompok dengan total peserta 678 orang yang telah sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (N.I.K) dan telah sesuai dengan syarat dan kriteria peserta JPE yang telah ditetapkan. Dengan alokasi 43 kelompok (515 orang) tersebar di 24 Kecamatan dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) sejumlah 11 kelompok (163 orang), dimana masing-masing kelompok berisi 10 – 15 orang. Pelaksanaan kegiatan dengan menyerahkan bahan – bahan pembuatan Face Shield kepada kelompok pada tanggal 19 Agustus 2020 dan pengambilan Face Shield yang sudah jadi pada tanggal 28 Agustus 2020.

Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap Murniyah, S.Pd.,M.Pd menyampaikan keseluruhan jumlah produk Face Shield yang dibuat oleh kelompok sebanyak 91.800, sehingga target yang dibuat oleh kelompok se Kabupaten cilacap adalah Face Shield Dewasa sejumlah 54.000 dan Face Shield Anak sejumlah 37.000. Dimana dari target Face Shield yang dibuat dialokasikan 60 % (55.080) diserahkan ke Provinsi Jawa Tengah dan 40 % (36.720) untuk Kabupaten Cilacap. Kelompok penerima manfaat sebagai kelompok sasaran yang mendapatkan kegiatan pembuatan Face Shield mayoritas kaum perempuan, sebagai kaum yang sangat merasakan dampak COVID – 19 utamanya dibidang ekonomi. Untuk keberlangsungan kehidupan keluarganya dalam kondisi sulit seperti saat ini, perempuan yang menjadi kepala keluarga dan perempuan rentan lainnya jumlahnya semakin banyak tiap tahunnya, hal tersebut menjadi salah satu alasan pentingnya Pemerintah memberikan perhatian pada mereka, termasuk dalam kondisi pandemi COVID – 19 dengan memberikan pemberdayaan dalam bentuk pembuatan Face Shield.(Red. Zero PP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *