Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana


CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih menerima penghargaan Manggala Karya Kecana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.Og (K), di Pendopo Wijaya Kusuma Cilacap, Kamis (17/9).
Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan atas komitmen luar biasa terhadap Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana). Di Kabupaten Cilacap, program ini tersinkronisasi dalam kebijakan daerah Bangga Mbangun Desa dengan empat pilar yakni Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Budaya.
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya menjelaskan, Program Bangga Kencana yang dilaksanakan di Kabupaten Cilacap menitikberatkan pada delapan fungsi keluarga. Program KKBPK telah masuk dalam RPJMD dan RENSTRA Kabupaten Cilacap. Pemkab Cilacap sendiri berkomitmen melaksanakannya secara optimal.
Hal ini dapat dilihat dari besaran APBD Tahun 2019 yang dialokasikan untuk Dinas Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Cilacap sebesar Rp 14,9 milyar. Nilai yang sama juga dialokasikan untuk tahun anggaran 2020. Pemkab Cilacap juga telah menerbitkan beberapa regulasi untuk menujang keberhasilan program KKBPK.
Yaitu Peraturan Bupati Cilacap Nomor 47 Tahun 2018 dan Peraturan Bupati Cilacap Nomor 75 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Penghitungan, Pembagian, Penetapan Rincian Dana Desa setiap Desa dan Pedoman Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Kemudian Peraturan Bupati Cilacap Nomor 90 Tahun 2018 Tentang Pengembangan Kampung KB di Kabupaten Cilacap.
Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor 800/227/26/2018 Tentang Pembentukan Tim koordinasi Program KKBPK di Kabupaten Cilacap, dan Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor 800/1140/26/2019 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pengembangan Kampung KB di Kabupaten Cilacap.
Di Kabupaten Cilacap saat ini sudah terbentuk 163 Kampung KB, dimana salah satunya yaitu Kampung KB GADIS Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan yang merupakan Center Of Excelent Program Kampung KB Perkotaan, dan Kampung KB CIKUYA BERSERI di Desa Kamulyan Kecamatan Bantarsari untuk Program Kampung KB Perdesaan.
“Secara umum pelaksanaan Program Kampung KB di Cilacap sudah cukup baik. Hal ini dilihat dari tingkat capaian indikator TFR Kabupaten Cilacap dari target 2,46 di Tahun 2019 tercapai 2,18 berdasarkan Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SKDI) di Tahun 2017 sebesar 2,36”, jelasnya.
Kepala BKKBN, Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.Og (K) berharap, penghargaan ini dapat memacu semangat dan motivasi Pemkab Cilacap dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, untuk terus meningkatkan komitmen dalam menyukseskan Program Bangga Kencana. Terlebih program ini menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam pengendalian penduduk dan menciptakan SDM unggul.
“Ada beberapa indikator penilaian yang kami gunakan, salah satunya total fertility rate (TFR). Kabupaten Cilacap sudah cukup baik dalam program KB di mana TFR-nya 2,18. Ini sudah keren, tinggal mempertahankan saja”, terangnya.
Dalam kunjungan kerjanya di Cilacap, Tim BKKBN juga meninjau pelayanan di Klinik LANAL Cilacap, Kampung KB GADIS, dan Pembinaan kepada Lini Lapangan. Beberapa kepala daerah yang menerima penghargaan serupa diantaranya Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani, Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH.,M.Si, dan Ketua TP PKK Kota Surakarta Elisabet Endang Prasetyaningsih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *